Kamis, 18 Desember 2014

batu permata, batu mulia, batu giok, batu ginandong


Batu Permata, Batu Mulia, Batu Giok, Giok Aceh, Batu Ginandong

Para penggemar batu akik atau batu permata, terutama di daerah Jawa Tengah, mengenal dengan baik mana batu yang baik dan yang bukan. Ternyata salah satu daerah yang sangat terkenal dengan batu akiknya adalah Desa Ginandong. Desa ini masuk wilayah Kabupaten Kebumen sebelah utara. Memang Kabupaten Kebumen terkenal dengan batu-batuannya yang sangat kaya. Katanya terkaya di Asia Tenggara. Ini bukan sekadar isapan jempol. Di desa Karangsambung, Kecamatan Sadang, ada laboratorium geologi milik Institut Teknologi Bandung. Mahasiswa Geologi sering melakukan penelitian dan praktik kerja di daerah ini. 

Sepanjang aliran sungai Lukulo, sebagai bagian dari Kabupaten Kebumen bagian utara, juga kaya dengan batuannya. Banyak mahasiswa geologi ITB melakukan survey dan penelitian di lereng pinggir sungai ini. Mereka sering mengorek-orek tanah menggunakan sejenis palu bertanduk. 

Saya sendiri meskipun berasal dari salah satu desa di aliran sungai Lukulo tidak tahu kalau batu akik yang sangat terkenal berasal dari aliran sungai Lukulo yang membelah dan menjadi batas desa kami dengan desa timur sungai.  Saya baru kemudian teringat batu Ginandong setelah mendapat kiriman batu giok dari seorang kawan dari Aceh.


Batu Permata, Batu Mulia, Batu Giok, Giok Aceh, Batu Ginandong

Tidak ada komentar: